Mengenal Lingkungan Alam

Unit pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan Kompetensi Dasar 3.8 Mengenal Lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dan Kompetensi 4.8 Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll).

Sumber: https://teropong.id/pengertian-ekosistem-komponen-ciri-ciri-dan-jenis-jenis-ekosistem/

Aktivitas Hari Pertama
Mengenalkan binatang peliharaan dengan Pendekatan Saintifik

A. Mengamati

Sumber: https://www.lazada.co.id/products/paket-cat-toilet-bak-pasir-kucing-litter-box-size-l-litter-scoop-dan-pasir-wangi-repack-1kg-adzkiya-petshop-i2140828750.html

B. Menanya

  1. Anak diberi kesempatan untuk bertanya tentang apa yang ingin anak ketahui tentang kucing.
  2. Anak melakukan tanya jawab dan diskusi bersama teman-teman dan guru.
  3. Guru dapat menstimulasi kemampuan berpikir tingkat tinggi pada saat kegiatan ini, berikut contoh pertanyaan yang dapat ditanyakan guru pada anak:
    • Apa yang kamu ketahui tentang Kucing? (Mengingat)
    • Berapa banyak jumlah kaki kucing? (Memahami)
    • Apa yang kita perlukan agar kucing ini selalu bersih? (Menerapkan)
    • Mana yang lebih menarik kucing di gambar atau yang kalian lihat di rumah? (Analisa)
    • Bagaimana pendapat kamu kalau kucingnya kita pelihara? (Evaluasi)

C. Mengumpulkan informasi

  1. Kegiatan Belajar 1
    • Membilang jumlah anggota tubuh kucing (dengan mengamati kucingyang ada di kelas, kemudian menghitung berapa jumlah kepala, mata, telinga, mulut, kumis,kaki, ekor, dsb dan anak diminta untuk dapat mengisi lembar kerja memasangkan angka berdasarkan jumlah anggota tubuh kucing).
  2. Kegiatan Belajar 2
    • Mencari jejak kucing untuk menemukan ikan (anak mengerjakan maze kucing yang mencari ikan ).

D. Menalar

Kegiatan Belajar 1 Membilang jumlah anggota tubuh kucing

Kegiatan Belajar 2 Maze Kucing mencari ikan

E. Mengomunikasikan

  1. Anak menceritakan kegiatan bermain yang telah dilakukan.
  2. Anak diberi kesempatan untuk menyampaikan konsep yang ditemukan
    tentang kucing saat anak melakukan kegiatan bermain di depan kelas.

Aktivitas Motorik Kasar dan Seni – Menyanyi dan menebak suara hewan

Aktivitas Hari ke dua
Mengenalkan Proses Perkembangbiakan makhluk hidup

Aktifitas pembelajaran ini membahas tentang materi pengenalan proses perkembangbiakan ayam yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar di Taman Kanak-kanak. Sebagai contoh, akan dibahas bagaimana mengenalkan proses perkembangbiakan ayam yang dapat dilakukan dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah dengan pembelajaran sentra dalam pembelajaran anak usia dini dengan topik perkembangbiakan ayam pada sentra persiapan. Adapun langkah-langkah pijakan individu saat main ialah melalui aktivitas berikut:

Kegiatan 1 Mengurutkan proses perkembangbiakan ayam dari telur-menetas-anak ayam-ayam dewasa. (siklus hidup ayam).

Instruksi:
Urutkan gambar tersebut sehingga dapat menjadi sebuah siklus hidup dari seekor ayam dengan tepat!

Kegiatan 2 Mengelompokkan jenis ayam jantan dan ayam betina

Instruksi:
Tempatkanlah mana gambar ayam yang sesuai dengan pengelompokan ayam jantan dan ayam betina. Minta bantuan guru atau orang tua untuk bisan memandu gambar mana yang perlu di tempatkan.

Aktivitas Hari Ke tiga
Mengenalkan Percobaan sederhana tentang peristiwa Alam.

Aktifitas pembelajaran ini membahas tentang kegiatan pengenalan percobaan sederhana tentang peristiwa alam. Sebagai contoh, akan dibahas bagaimana mengenalkan percobaan sederhana tentang peristiwa alam yang dapat dilakukan untuk anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak- kanak dijelaskan tahap demi tahap pada kegiatan inti seperti berikut ini :

a. Mengamati
Anak mengamati tayangan video animasi terjadinya pelangi.

b. Menanya
1) Anak diberi kesempatan untuk bertanya tentang apa yang ingin anak ketahui tentang pelangi.
2) Anak melakukan tanya jawab dan diskusi bersama teman-teman dan guru.

c. Mengumpulkan informasi, Menalar, Mengomunikasikan

1) Area Sains (Didampingi Guru)
Kegiatan: Percobaan sains proses terjadinya Pelangi.

  1. Alat dan Bahan:
     Satu buah cermin kecil
     Air
     Satu lembar kertas putih
     Gelas kaca bening
  2. Cara Kerja:
     Masukkan air ke dalam gelas hingga hampir penuh. Letakkan
    gelas yang telah berisi air tersebut di bawah sinar matahari
  • Hasil Percobaan
    Ketika kertas putih digerak-gerakkan pada sekeliling gelas yang berhadapan dengan cermin, maka akan muncul cahaya warna-wani pelangi.
  • Penjelasan Sains
    Pemantulan cahaya matahari yang dilakukan cermin akan memberikan warna-warna indah yang terlihat dengan jelas pada kertas.
    Terbukti bahwa cahaya matahari tidak hanya berwarna putih, akan tetapi terdiri dari warna pelangin, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.
    Pelangi terbentuk karena pembiasan sinar matahari oleh tetesan air yang ada di atmosfer. Ketika sinar matahari melalui tetesan air, cahaya dibelokkan sehingga membuat warna-warna yang ada pada cahaya tersebut terpisah.
    Setiap warna dibelokkan pada sudut yang berbeda. Warna ungu merupakan warna yang pertama dibelokkan, sedangkan warna merah adalah warna yang terakhir dibelokkan.

2. Area Keaksaraan
Kegiatan: Mewarnai gambar pelangi sesuai dengan simbol bilangan warna.

Download buku panduan guru atau orang tua pada link dibawah ini!

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai